RSS

Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran



Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran

Pada zaman sekarang ini, teknologi  merupakan hal yang menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Bagi mereka, dengan teknologi akan mempermudah pekerjaan. Teknologi sangat berhubungan dengan ilmu pengetahuan, sebab teknologi merupakan suatu bentuk atau hasil dari ilmu pengetahuan. Namun, tidak semua hasil dari produk teknologi dapat dgunakan untuk pembelajaran. Oleh karena itu, teknologi informasi dan komunikasi yang tepat digunakan dalam pembelajaran karena dalam pembelajaran harus mengandung unsur informasi dan komunikasi.
Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi disekolah memadukan unsur   Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan tujuan  siswa dan guru memiliki kompetensi untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai perangkat keras dan perangkat lunak untuk mengolah, menganalisis dan mentransmisikan data dengan memperhatikan dan memanfaatkan teknologi komunikasi untuk memperlancar komunikasi dan produk teknologi informasi yang dihasilkan bermanfaat sebagai alat dan bahan komunikasi pembelajaran, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu :
1.      Memperluas akses. Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat diakses dimanapun dan kapanpun.  
2.      Menyiapkan individu memasuki dunia kerja. Dengan Teknologi Iinformasi dan Komunikasi, dapat mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja karena ketika menguasai Teknologi Iinformasi dan Komunikasi, seseorang akan memiliki peluang besar dalam pekerjaannya. Hal itu disebabkan pada zaman sekarang ini pada umumnya apapun jenis pekerjaan menggunakan Teknologi Iinformasi dan Komunikasi. Dengan menguasai teknologi, merupakan pertanda dimilikinya keunggulan kompetitif dalam pasar kerja global.
3.      Meningkatkan kualitas pendidikan. Teknologi Iinformasi dan Komunikasi menyediakan tantangan dan konten asli dalam pembelajaran sehingga motivasi dan niat belajar siswa menjadi meningkat. Dengan adanya suara, gambara, animasi penunjang memberikan kesan menarik sehingga pembelajaran yang tidak disukai bisa jadi menyenangkan bagi siswa.     
4.      Mentransformasi lingkungan belajar. Dengan penggunaan yang tepat, pembelajaran berbasis TIK dapat mendukung penguasaan pengetahuan dan keterampilan siswa. Selain itu, TIK juga menyediakan cara baru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.   
Sekarang ini, jenis teknologi informasi dan komunikasi yang sering digunakan atau yang biasa digunakan adalah computer. Dalam pembelajaran, ada 3 bentuk pemanfaatan computer yaitu :
1.      Belajar computer. Ini berarti computer sebagai objek yang dipelajari, komputer sebagai mata pelajaran
2.      Belajar melalui computer. computer sebagai media pembelajaran yang berisi informasi yang hendak dipelajari.
3.      Belajar dengan computer. Computer sebagai alat bantu saat proses belajar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar