RSS

gizi



GIZI
1.      Definisi gizi
            (Dalam Santoso 2008:1.3) Gizi dapat diartikan sebagai zat makanan yang dibutuhkan tubuh (W.JS. Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1976). Gizi merupakan penopang pertambahan tinggi badan yang kemudian tinggi badan merupakan salah satu indikator status gizi anak. bagi anak-anak yang suka memilih-milih makanan akan mengalami penghambatan dalam pertambahan tinggi badan anak.
            Dalam kamus kesehatan, Gizi adalah senyawa yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan dan kelangsungan hidup manusia. Istilah gizi seringkali digunakan saling menggantikan dengan nutrisi, terutama bila merujuk pada manusia. Gizi adalah nutrisi untuk manusia.
Ahli gizi Andi Imam Arundhana S.Gz menyatakan bahwa gizi juga merupakan kombinasi dari proses dimana semua bagian tubuh menerima dan memanfaatkan material yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsinya dan juga untuk pertumbuhan peremajaan komponen-komponen tubuh.  
2.      Jenis-jenis zat gizi yang dibutuhkan
Dalam Santoso 2008:1.18
a)      Karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat harus tersedia cukup dalam tubuh, sebab jika tubuh kekurangan karbohidrat meskipun 15% dari kalori yang ada maka akan terjadi kelaparan dan berat badan menurun. Karbohidrat dapat didapatkan dari : susu, padi-padian, buah-buahan, sukrosa, sirup, tepung, dan sayuran.
b)      Protein. Protein merupakan zat gizi yang sangat penting yang berhubungan erat dengan proses-proses kehidupan. Protein juga diperlukan dalam pengaturan pengangkutan zat gizi dari dari usus halus ke dinding usus halus, ke dalam darah ke jaringan tubuh dan masuk ke dalam membrane sel jaringan. Protein terdiri dari 24 asam amino dan 9 diantaranya merupakan asam amino esensial (threonin, valin, leusin, isoleusin, lisin, triptofan, fenilalanin, metionin, dan histidin). Protein dapat ditemukan dalam bahan makanan : daging, kacang-kacangan, beras, ikan, susu sapi, telur, jagung, kelapa, dll)
c)      Lemak. Lemak merupakan zat gizi yang berperan dalam mengangkut vitamin A, D, E, K yang larut dalam lemak. Lemak juga merupakan sumber energy sebagai pelindung organ tubuh seperti pembuluh darah, saraf dan organ lain terhadap suhu tubuh. Lemak dapat didapat dari kacang-kacangan, buah avokad, daging, ikan, telurm ASI, susu.
d)      Vitamin. Vitamin merupakan senyawa organik yang digunakan untuk mengkatalisator metabolisme sel yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan serta dapat mempertahan kan organism. Vitamin yang dibutuhkan : vitamin A (hati, minyak ikan, susu, kuning telur, margarin, tumbuh-tumbuhan, sayur, dan buah). Vitamin B (hati, daging, susu, padi, biji-bijian, kacang), vitamin B2 (susu, keju, hati, daging, telur, ikan, sayur dan padi), vitamin B12 (daging organ, ikan, telur, susu, keju), vitamin C (tomat, buah semangka, kubis, sayuran), vitamin D (susu, margarin, minyak ikan, cahaya matahari), vitamin E (minyak, biji-bijian, dan kacang-kacangan), vitamin K (sayuran, daging, dan hati)
e)      Mineral. Mineral merupakan zat gizi yang penting, sekitar 4% dari tubuh manusia merupakan mineral. Mineral terdiri atas :
·         Kalsium. Kalsium berguna untuk pengaturan struktur tulang dan gigi, kontraksi otot, iritabilitas syaraf, koagulasi darah, kerja jantung, dan produksi susu
·         Zat besi. Zat besi ini merupakan mikro elemen yang diperlukan dalam hemopoiesis (pembentukan darah) yaitu dalam sintesis hemoglobin.
·         Zat seng. Zat ini sangat dibutuhkan oleh beberapa jenis enzim guna menjalankan fungsi enzim itu sendiri
·         Iodium. Merupakan komponen dari hormon thyroxin karena digunakan dalam sintesis hormon thyroxin.
3.      Sumber-sumber zat gizi
·         Makanan pokok. Makanan yang diperlukan tubuh sebagai sumber energi tubuh. Makanan memiliki kandungan sumber energi tubuh adalah yang kaya akan karbohidrat seperti nasi, jagung, gandum, kentang, oat, serta umbi-umbian.
·         Lauk pauk. Makanan sebagai pendamping makanan pokok yang berfungsi sebagai sumber zat pembangun untuk tubuh. Makanan lauk pauk biasanya mengandung protein seperti telur, daging, ikan, tahu dan tempe.
·         Buah-buahan. Buah adalah makanan yang mengandung vitamin dan mineral dengan kandungan air yang tinggi dan juga serat yang baik untuk kesehatan pencernaan
·         buah dan sayur. Dalam buah dan sayur terdapat zat gizi mineral dan viamin. Vitamin yang terkandung didalamnya yaitu berupa provitamin A, vitamin C,K,E dan vitamin B kompleks. Selain itu, mineral yang terkandung dalam buah dan sayur berupa kalium (K), kalsium (Ca), natrium (Na), zat besi (Fe), magnesium (Mg), mangan (Mn), seng (zn), dan selenium (Se). Sumber zat gizi lainnya yaitu ASI. Dalam ASI terdapat zat gizi yang jumlahnya cukup untuk bayi, mengandung beberapa zat antibodi, mengandung laktoferin untuk mengikat zat besi. (Dalam Devi 2012:35)
·         Susu. 
4.      Kebutuhan zat gizi anak
Dalam Irianto 2007:163
Angka kecukupan gizi anak laki-laki
Usia
(th)
Berat badan
(kg)
Energi
(Kalori/hari)
Protein (Gr)
10-12
30
1950
45
13-15
40
2200
57
16-19
53
2360
62
>20
56
2700
50

Angka kecukupan gizi anak perempuan
Usia
(th)
Berat badan
(Kg)
Energy
(kalori/hari)
Protein (Gr)
10-12
32
1750
49
13-15
42
1900
57
16-19
46
1850
47
>20
50
2100
44





DAFTAR RUJUKAN

Santoso Soegeng. 2008. Kesehatan dan Gizi. Jakarta : Universitas Terbuka.
Devi Nirmala. 2012. Gizi Anak Sekolah. Jakarta : PT Kompas Media Nusantara.   
Irianto Pekik. 2007. Panduan Gizi Lengkap Keluarga dan Olahragawan. Yogyakarta:Andi

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar